Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Telah Terbukti Ampuh

Jerawat bisa meninggalkan noda yang mengganggu apabila cara perawatannya salah. Terlebih jika Anda terbiasa memencet jerawat sehingga menjadi luka. Ketika berbagai cara rumahan untuk menghilangkan bekas jerawat tak lagi mempan, jangan khawatir. Ada banyak cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat yang ampuh. Simak di sini caranya




Tips Menghilangkan Bekas Jerawat
Kebanyakan orang keliru menganggap flek hitam bekas jerawat sebagai bekas luka. Jerawat bisa meninggalkan noda merah kecokelatan karena peradangan yang diakibatkannya. Sementara itu, bekas luka jerawat muncul karena Anda keseringan memencet jerawat sehingga berubah menjadi luka. Bekas luka jerawat dan bopeng bisa sangat sulit dihilangkan, bahkan mungkin permanen. Sebaliknya, flek hitam bekas jerawat bisa hilang dalam beberapa bulan setelah perawatan.

Pengobatan bekas jerawat dapat ditentukan berdasarkan beberapa fitur individu:
    • Usia
    • Kondisi kesehatan
    • Riwayat medis
    • Jenis bekas jerawat
    • Pendapat Anda
Ada beberapa pengobatan di dokter kulit yang digunakan untuk mengobati bekas luka jerawat.
  • Chemical peel
Chemical peel digunakan untuk mengobati kerusakan akibat sinar matahari, bekas jerawat. Dalam prosedur ini, dermatologist akan mengoleskan bahan kimia ke kulit Anda, setelahnya, ketika ia mengangkat bahan kimia tersebut, ia juga mengangkat lapisan teratas kulit. Ketika kulit baru terbentuk, bekas luka dapat berkurang dan menjadi tampak samar.
  • Cosmetic Fillers
Fillers ini disuntikkan ke bawah kulit untuk memberikan kolagen ke area yang bermasalah. Namun, pengobatan ini bersifat sementara. Efeknya dapat menghilang dalam 1 tahun.
  • Krim Pemudar Topikal 
Jika bekas jerawat Anda merah, krim topikal kortison dapat diresepkan dokter untuk mengurangi kemerahan dan menenangkan iritasi kulit. Krim muka dengan retinoid atau silikon dapat membantu memperbaiki tampilan atau bekas jerawat.
  • Dermabrasi 
Dermabrasi digunakan untuk mengobati bentuk abnormal dan perubahan warna pada kulit. Sikat kawat atau roda berlian digunakan untuk mengangkat lapisan teratas kulit. Anda harus merawat kulit dengan seksama setelah prosedur ini.
    • Jagalah kebersihan kulit dengan mencucinya setiap hari dengan air bersih dan pembersih khusus untuk menghindari infeksi. Infeksi dapat meninggalkan bekas jerawat pada kulit. 
    • Ganti perban yang menutupi luka. Ini membantu luka tetap bersih dan terhidrasi. Kulit yang lembap sembuh lebih cepat daripada kulit yang kering. 
    • Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV dari matahari.
Kulit baru akan terbentuk di tempat yang diobati setelah 5 hingga 7 hari. Setelah 6 hingga 12 hari, bekas jerawat dapat berkurang.
  • Laser Resurfacing dan Terapi Cahaya 
Laser resurfacing dan terapi cahaya digunakan untuk meminimalisir penampilan bekas luka jerawat. Ini dapat memudarkan noda abnormal pada kulit, membuatnya tampak berwarna lebih muda, halus, dan sehat. Laser skin resurfacing juga mengangkat lapisan teratas kulit. Dokter kuliy akan membutuhkan sekitar 30 menit untuk melakukan prosedur ini. Keseluruhan sesi akan membutuhkan waktu 2 jam. Lindungi kulit Anda dengan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih, dan juga pakaian. Sebelum prosedur, Anda tidak boleh menggunakan ibuprofen, aspirin, atau vitamin E. Obat-obatan ini dapat memengaruhi pembekuan darah.

Ulasan
Meskipun bekas jerawat tidak dapat menghilang sepenuhnya, Anda dapat melakukan pengobatan untuk memperbaiki tampilannya dan membaurkannya dengan kulit di sekitarnya dengan cover-up, make-up foundation, atau alas bedak.

Komentar

Postingan Populer